Bupati Samosir Tinjau Pelayanan Pengobatan Gratis

Pemprov Sumut melalui kegiatan Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) melakukan pelayanan pengobatan gratis bagi warga Samosir.

topmetro.news – Pemprov Sumut melalui kegiatan Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) melakukan pelayanan pengobatan gratis bagi warga Samosir. Layanan pengobatan gratis tersebut berlangsung di Puskesmas Buhit, Kecamatan Pangururan, Jumat (23/6/2023).

Kegiatan ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan Sumut dan Dinas Kesehatan Samosir. Ada pun layanan pengobatan adalah operasi bibir sumbing, sunatan massal, dan pengobatan massal penyakit dalam oleh dokter-dokter spesialis.

Saat melakukan peninjauan di Puskesmas Buhit, Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST menyambut baik adanya layanan pengobatan gratis ini. Hal ini menandakan sinergitas Pemprovsu dengan Pemkab Samosir berjalan dengan baik. Di mana pemerintah tetap komit dalam menjaga kesehatan masyarakat.

“Kami sangat apresiasi kepada seluruh tenaga medis yang terlibat memberi pelayanan dalam pengobatan gratis,” ujar Bupati Samosir.

Kepada Pemprovsu, Bupati berharap kegiatan serupa berjalan terus dan dapat berlanjut ke tahun-tahun mendatang. Vandiko Gultom juga meminta kepada BKB, agar dalam layanan selanjutnya dapat menyertakan layanan operasi katarak gratis. Karena hingga saat ini, di Kabupaten Samosir belum ada dokter spesialis mata.

Gagasan Gubsu

Sebelumnya, Ketua Satgas BKB Sumut Brigjen TNI (Purn) dr Harry Yusmanadi menyampaikan bahwa layanan kesehatan bergerak ini adalah inovasi pelayanan hasil gagasan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Bertujuan membantu mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan. Khususnya daerah-daerah terpencil, dengan mutu dan kualitas standar layanan yang sama.

“Semua layanan yang kita laksanakan bersama Bakti Kesehatan Sumut Bermartabat ini adalah gratis. Sesuai arahan dari Bapak Gubernur bahwa ini murni untuk masyarakat Sumut,” katanya.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, Ketua HPPNI Sumut, Ketua TP PKK Samosir Harta M Sitanggang, Kadis Kesehatan Samosir dr Dina Hutapea, Direktur RSUD Hadrianus Sinaga dr Iwan H Sihaloho, Ka Puskesmas Buhit, beserta jajaran tenaga medis.

Hingga pada akhir kegiatan pengobatan gratis ini, Tim BKB berhasil melayani pasien yakni pelayanan penyakit dalam sebanyak 128 orang, operasi bibir sumbing 5 orang, sunat 15, dan vaksinasi 4 orang.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment